Thursday, March 3, 2011

Measuring Cups


"Kalo satu cup tepung itu berapa gram ya?"
Sering banget deh teman-temanku bertanya begitu. Kadang aku juga bingung mau jawabnya, karena selain aku juga gak tau *hihihi*, tiap bahan yang kita timbang, tentu beratnya beda. Misalnya, 1 cup air dan 1 cup beras, kalo di timbang dengan gram, hasilnya pasti gak sama. Gak mungkin kan kita harus menghafal konversi setiap bahan yang akan digunakan? walaupun kita bisa konversi secara online, tetap aja, jauh lebih baik kalau kita punya measuring cups sendiri. Apalagi sekarang gak begitu sulit koq untuk mendapatkannya, kalo belanja ke supermarket besar, coba deh jalan ke bagian peralatan dapur mereka. Biasanya, di sana ada measuring cup.

Ini bisa juga lho jadi solusi bagi yang masih ragu untuk invest ke timbangan ataupun punya space terbatas. Tinggal cari aja resep yang pake ukuran cup...langsung deh bisa bikin-bikin. Ada yang terbuat dari stainless, plastic, silicon, melamine dan ada juga dari akrilik, tinggal pilih yang kita suka dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki (aku sendiri lebih suka pake yang plastik, ringan soale..hehehe). Gak usah terlalu khawatir mau beli yang terbuat dari bahan apa, hasilnya sama aja. Waktu membeli, yang harus di perhatikan, adalah jumlahnya, semakin banyak jumlah cupnya, semakin baik. Standarnya, ada 1 cup, 2/3 cup, 1/2 cup dan 1/4 cup. Kadang ada juga 1/3 cup.

Kalo gak ketemu cup seperti ini, lihat deh di supermarket, biasanya ada alat ukur cairan dari plastik, kadang selain ml, juga tertera ukuran cup. Bisa jadi alternatif. Memang, bahan-bahan yang diukur dengan cup, ada yang bisa di konversi ke gram, tapi itu biasanya yang basic aja, seperti gula dan tepung. Kalo punya cup-nya, bisa lebih bebas, bisa buat ngukur choco chips ataupun kacang-kacangan, bahkan cairan.

3 comments:

Yeny Merlina Kristanti said...

mbak, makasih banget.. blognya sangat membantu.. hehe..
O,y mbak.. mo tanya..
1 cup tuh katanya 240ml air..
berarti 1 cup tepung bisa pake 1 botol aqua yang kecil dunk?? hehe..

Camelia said...

hihihihi...aku gak tau botol aqua kecil ukurannya berapa. Aku dulu pernah nyoba, pake 240 ml air yang aku masukkan kedalam mangkok kecil, lalu aku beri garis. Trus ya aku jadikan patokan 1 cup. Walaupun tetap ribet juga kalo resepnya 1/3 cup, susah ngira-ngira...hehehe

Limeblossom Craft And Sugar Plum Kitchen said...

Hi mbak, ikut nyumbang info yaa.. dari berbagai info yang aku temui baik di youtube atau google, ukuran cup ke ml berbeda - beda, tergantung dinegara mana kita tinggal atau dinegara mana resep itu dibuat.
Di US/Amerika Serikat, 1 cup = 240ml.
Di Australia dan Canada 250ml atau 1/4 liter.
Di UK 280ml atau 1/2 imperial pint.
Di Jepang 200 ml.
Setahu aku, yang masih menggunakan ukuran cup adalah orang - orang di US atau resep - resep yang ditulis di US. Tapi Australia dan UK biasanya memakai ml atau gram. Semoga membantu (^: