Thursday, March 10, 2011

Potato Masher/Pelumat Kentang


Kalo Ibuku dulu, suka banget ngelumatin kentang pake botol...pokoknya kalo lagi ada acara di rumah dan menu-nya perkedel, bakalan banyak botol yang pantatnya siap digunakan untuk melumatkan kentang...hihihihi... sederhana banget caranya, but it works! buktinya perkedel selalu jadi dan tetap aja cantik bentuknya. Nah, pelumat kentang ini, bisa dikatakan bukan alat yang vital untuk di miliki di dapur, tapi, ini salah satu perangkat dapur favorite ku. Tidak hanya untuk menghancurkan kentang, tapi buat melumatkan yang lain juga. Mulai dari pisang, talas, strawberry sampe untuk ngelumatin kacang ijo. Percaya atau tidak, menghancurkan kentang bisa lebih cepat pake potato masher ini daripada pake botol seperti Ibuku dulu. Walaupun cara kerjanya terlihat sama.

Aku sendiri lebih suka yang manual begini, mudah mengatur berapa lembutnya kentang yang kita inginkan. Walaupun aku udah punya hand blender, tetap untuk mashed potatoes, aku selalu pake alat ini. Untuk bentuknya pun aku cari yang sederhana aja, yang penting terbuat dari besi dan cukup kuat untuk di tekan diatas kentang. Ada yang terbuat dari plastik, wuih, susye kalo di pake buat ngancurin. Kebayang alatnya ikutan mleyot tiap kali ditekan saat melumatkan kentang.

Ada juga pelumat kentang yang bentuknya sedikit lebih canggih (tetap kalah canggih kalo di badingin sama hand blender...hihihihi). Tinggal masukkan kentang ke bagian tengahnya, tutup dengan bagian atasnya, terus di tekan. Kentangnya akan keluar di lubang-lubang kecil di bagian bawah dan pinggirnya. Tapi aku jarang pake alat begitu, kayaknya cuma sekali deh. Mungkin baru terasa manfaatnya kalo digunakan untuk menghancurkan kentang dalam jumlah banyak. Kalo cuma setengah kilo sih, mending pake yang biasa aja. Karena selain rada berat, menurutku juga gak simple-simple amat pemakaiannya. Membarsihkannya juga butuh waktu daripada potato masher biasa.

2 comments:

Febryani Chourmain said...

Halo mba..mau tanya beli potato masher itu dimana ya? Dulu saya pernah beli tapi sudah lama banget dan lupa dimana. Merk tescoma kan itu.

skrg nyari2 lagi susah nemu.

Camelia said...

Mba'Febriyani,
kalo gak salah aku belinya di METRO plaza senayan...udah lama banget..