Thursday, March 3, 2011

Silpat


Ini niih yang selalu aku promoin buat alas loyang kalo bikin kue kering. Aku pertama kenal juga dari Riana. Sejak itu, langsung deh jadi benda wajib setiap baking kue kering, soes, roti, pokoknya apa aja yang loyangnya mesti diberi alas dulu. Abisnya, aku paling males ngolesin loyang kalo bikin kue kering, bikin tangan lengket. Sebenarnya nama Silpat itu salah satu merknya (mungkin namanya silicon baking mat kali ya?) tapi gak tau kenapa lebih dikenal namanya Silpat. Untuk silpat yang bagus banget (yang merknya emang Silpat..hehehe) aku pernah lihat di pameran peralatan dapur, selain harganya bikin kaget, ukurannya juga terbatas. Terlalu besar untuk oven mungilku, kayaknya dibikin khusus untuk professional yang punya oven gede. Karena bahannya tebal dan harganya mahal, sayang banget kalo harus dipotong sesuai ukuran loyang yang aku inginkan.

Silpat yang aku gunakan, bentuknya seperti kertas roti, tapi ini lebih licin seperti plastik. Dijual lembaran dan bisa digunting disesuaikan dengan besar loyang. Dont worry, gak harus gunting terus, cukup sekali untuk satu loyang. Soalnya silpat bisa dipake berulang kali. Jadi, jangan heran kalo ngeliat semua loyang di rumahku sudah aku gunting kan silpat sesuai dengan ukurannya masing-masing. Cocok banget buat aku yang suka malas kalo di suruh gunting kertas roti buat baking.

Pengalamanku, harga silpat tipis ini macam-macam. Lain tbk, lain harga. Kadang beda harganya lumayan jauh lho (malah ada yang separuhnya). Memang, ada yang agak tebal dan ada yang tipis (warnanya ada yang lebih gelap untuk yang tebal dan ada yang terang untuk yang tipis), tapi setelah aku pake keduanya, gak ada bedanya tuh. Jadi mending cari yang murah deh.


3 comments:

yossy said...

silpad.. silicone pad
aku jg tau dr gugel, hehe

irmabundarakeyan said...

Cara bersihin nya gmna mba biar awet?

Alisa Boomby said...

Beli dimana? Mau beli juga nih mba