Thursday, March 10, 2011

Whisk


Aku sering banget baca di milis ada yang ngomong gini "Aku masih newbie nih di dunia baking, belom punya mikser, blom punya ini, blom punya itu..."

Udah deh, kalo emang niat mau bikin kue, walaupun tanpa peralatan canggih, tetap aja bisa bikin kue. Contohnya whisk ini, bagi yang gak punya mikser, mulai deh sobatan sama whisk. Dengan whisk, tetap bisa bikin brownies lezat dan proll tape yang gak kalah nikmat. Tinggal tanya sama pak Google, banyak banget resep kue yang bisa di selesaikan dengan whisk. Percaya deh, sekali berhasil bikin kue, kita akan semangat sendiri untuk nabung supaya bisa nambah-nambah peralatan dapur. Tapi kalo hanya karena gak punya mikser gak jadi baking, yaaa...bakalan di situ-situ aja, gak ada kemajuan.

Jangan anggap remeh kekuatan whisk *ciee*... berguna banget. Whisk ini beda banget sama kocokan telur manual yang biasa di pake Ibu-ku tahun jebot dulu. Kalo yang punya ibu itu lebih bulat, lebih besar, kawat lebih tebal dan lebih nge-per karena bisa mengocok telor sampe benar-benar mengembang (dengan hasil tangan pegel setengah mati tentunya). Kalo ini bentuknya lebih ramping dan hanya sedikit membulat di bagian bawahnya. Ada yang membulat besar dan ada juga yang gak begitu membulat. Untuk beberapa jenis kue, aku masih bergantung dengan whisk ini, apalagi kalo brownies. Aku lebih suka pake whisk daripada mikser, takut overbeat. Kalo bikin adonan kulit risol, crepe atau pancake, beda banget deh hasilnya adonan yang di aduk dengan whisk dengan yang di aduk pake sendok kayu biasa.

Bagian kawat whisk, selain dari almunium atau stainless thok, juga ada yang kawatnya ditutup silikon. Menurutku hasilnya sama aja. So far, untuk aku *aku aja lho...* manfaat yang di cover silikon hanya supaya baskom atau panci teflon ku gak baret. Itu aja...eeeh, ada lagi, aku juga suka sama warna-warninya...hihihihi *gak penting!*. Soalnya, aku pake whisk biasa juga oke-oke aja tuh hasilnya. Yang penting, jangan beli whisk yang terbuat dari plastik yang gak tahan panas, karena, ada masanya kita mesti mengocok adonan dengan suhu panas. Sayang banget kalo baru di pake whisknya udah mleyot...

No comments: