Wednesday, June 15, 2011

Slow Cooker


Slow cooker ini bermanfaat banget (paling gak, ya buat aku lah...hehehe), bisa bikin makanan berkuah, mulai dari bubur, pot roast, aneka sup, soto, sampe rawon. Ada juga beberapa teman milis yang beli buat bikin makanan baby. Tinggal cemplung semua bahan kedalam mangkuk keramik, pasang alatnya, biarkan beberapa jam, jadi deh makanan yang berkaldu sedaaap... semua karena pemanasan yang rendah, jadi memasak makanan lebih lama. Gak usah khawatir, pemakaian listriknya juga dikit banget, jadi no problem kalo mau dibiarkan memasak semalaman.Link
Tentu saja, tetap harus diperhatikan lama penggunaan dengan bahan yang akan di masak. Misalnya, kalo cuma mau bikin rawon, paling 2 jam udah cukup. Kalo kelamaan, dagingnya bisa hancur. Apalagi kalo masak ikan atau udang, sebaiknya kaldunya udah di buat dulu, baru ikan dan udangnya dimasukkan belakangan. Punyaku ini slow cooker yang termasuk murah. Ada temanku punya yang harganya 3x lipat dari ini. Tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Biasanya perbedaan yang terlihat ada di mangkok keramiknya. Tapi kalo buat aku yang cooking for fun aja, punyaku ini sudah sangat memuaskan koq.

O ya, saranku, dari pada beli yang ukuran mini, lebih baik tetap beli slow cooker yang ukurannya sedang atau besar, supaya lebih banyak manfaatnya. Kecuali kalo memang hanya di gunakan untuk membuat makanan baby saja, baru deh beli yang kecil.

No comments: